JATI DIRI YANG BERWAWASAN

1

“A leader is one who sees more than others see, who sees farther than other see, and who sees before other see” Leroy Eimes.

Sebagai calon pemimpin bangsa sudah sepatutnya kita memikirkan masa depan bangsa kita di mata mancanegara. Seperti yang kita ketahui, negara kita banyak sekali pulau dan berbagai macam tradisi yang sebenarnya tidak semua orang, bahkan warga negara kita sendiri mengetahui akan hal itu. Mungkin hanya ada beberapa orang yang punya rasa peduli dan keingintahuan yang tinggi untuk mempelajari budaya-budaya yang ada di Indonesia. Tak jarang, budaya kita banyak di klaim oleh negara lain. Anehnya, ketika budaya tersebut telah diklaim oleh negara lain, warga Indonesia sangat marah. Apa yang mereka lakukan sebelum budaya kita di ambil oleh negara lain? Budaya negara kita inilah yang akan menjadi Jati diri bangsa yang patut dan wajib dibanggakan terutama di mancanegara.

Di dalam jati diri bangsa kita terdapat nilai-nilai adat istiadat dan nilai-nilai kearifan lokal. Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia, arti dari kata adat istiadat ialah tata kelakuan yang kekal dan turun temurun dari generasi satu ke generasi lain sebagai warisan sehingga kuat integrasinya dengan pola perilaku masyarakat. Adat adalah gagasan kebudayaan yang terdiri dari nilai-nilai kebudayaan, norma, kebiasaan, kelembagaan, dan hokum adat yang lazim di suatu daerah tertentu. Adat istiadat tentu sangat merekat dengan tradisi yang ada di masyarakat. Namun seiring berkembangnya jaman, adat istiadat yang lahir dari daerah tersebut luntur oleh globalisasi.

20090518163354

Menurut Direktur Afri-Afya Caroline Nyamai-Kisia, kearifan lokal adalah sumber pengetahuan yang diselenggarakan secara dinamis, berkembang dan diteruskan oleh populasi tertentu yang terintegrasi dengan pemahaman merreka teradap alam dan budaya sekitar. Secara umum, kearifan lokal berarti dasar pengambilan kebijakan pada level lokal di bidang kesehatan pertanian, pendidikan, pengelolaan sumber data alam dan kegiatan masyarakat di pedesaan.

Adat istiadat dan nilai kearifan lokal mempunyai hubungan dengan kebudayaan yang erat dengan kehidupan masyarakat. Menurut para ahli antropologi, kebudayaan yang dipengaruhi oleh bahasa, sistem teknologi, sistem ekonomi, organisasi sosial, si and then you can stem pengetahuan, kesenian, dan sistem religi disebut aliran behavioral.

 

Di jaman yang semakin modern ini nilai-nilai tersebut hampir tenggelam oleh budaya asing yang masuk ke negara kita. Dalam menghadapi masalah tersebut, hal pertama yang harus dilakukan adalah menanamkan kesadarn diri ke dalam diri kita dan mulai berpikir bagaimana caranya untuk mengembangkan teknologi dan sains tetapi tetap mempertahankan adat dan istiadat  dan nilai kearifan lokal yang berlaku. Perlunya sosialisasi terhadap masyarakat dan menanamkan mindset untuk berpikir secara modern tanpa meninggalkan unsur kearifan lokal yang telah tertanam itu juga sangat penting. Setelah mengadakan sosialisasi, kita dapat melakukan pembangunan secara bertahap yang tepat sasaran, sehingga tidak akan menghabiskan waktu dan tenaga. Oleh karena itu, perlu dilakukannya observasi sebelum melakukan perkembangan teknologi dan sains pada daerah tersebut agar jati diri yang muncul dari kearifan lokal dan adat istiadat tidak akan luntur dan hilang oleh modernisasi.

Dengan berjalannya perkembangan teknologi dan sains yang tepat sasaran, hal ini tidak hanya menguntungkan bagi masyarakat sekitar tetapi juga menguntungkan dan membantu ekonomi Negara. Selain itu, jati diri bangsa tetap bertahan meskipun jaman sangat cepat berkembang.

 

Referensi:

  1. http://kamusbahasaindonesia.org/adat (diakses pada tanggal 23 September 2013 pukul 12:57 WIB)
  2. 2.       http://id.wikipedia.org/wiki/Adat  (diakses pada tanggal 23 September 2013 pukul 13:15 WIB)
  3. 3.       http://www.passopatifm.com (diakses pada tanggal 23 September 2013 pukul 13:18 WIB)
  4. Nasruddin.2011.Buku Kearifan Lokal Di Tengah Modernisasi. Pusat Penelitian dan Pengembangan Kebudayaan

About rizkaamaliakurniawati

One of the student from SMAN Sumatera Selatan (Sampoerna Academy).. :D

Posted on September 27, 2013, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • %d bloggers like this: